Jumat, 19 April 2019

Review dan Nonton Film 2019 : JOKER (2019)

Review dan Nonton Film 2019 : JOKER (2019)

Review dan Nonton Film 2019 : JOKER (2019)


Film ini akan mengambil semesta yang berbeda dengan film-film DCEU pada awalnya. Mungkin ini adalah manuver yang bagus, bertepatan dengan usaha Warner Bros dan DC untuk memulai lembaran baru dengan properti superhero mereka. Sang pemeran Joker, Joaquin Phoenix jelaskan bila film ini mengambil pendekatan film indie berbujet murah alih-alih film blockbuster. Dan trailernya memang memberi tanda-tanda tentang itu. 

Tidak ada ledakan, tidak ada pertarungan bombastis. Trailer ini bermain lebih seperti drama. Di awalannya, kita lihat Arthur Fleck (Phoenix) yang demikian dekat dengan ibunya. Arthur jelaskan bila sang ibu mengajarkannya untuk selalu tersenyum. 

Tapi, dunia riil itu kejam. Waktu kerja memakai pakaian badut, anak-anak bandel mengerjainya. Waktu ia tertawa terbahak-bahak di kereta, giliran preman yang menghajarnya. 


Di satu titik, kita memandangnya bertandang ke rumah sakit jiwa Arkham. Tapi keliatannya bukan jadi pasien, meskipun salah seorang perawat (Brian Tyree Henry) sudah mulai mengamatinya. 

Seterusnya, Arthur menggila di jalanan dengan pakaian ungu dan rambut hijaunya yang ikonik. Entahlah sudah jadi Joker sepenuhnya atau belum. Yang tentu, makeup-nya berbeda dengan Joker-joker waktu kemarin. 


"Saya masih berpikir hidupku adalah tragedi," katanya. "Tapi sekarang ini saya sadar bila itu adalah komedi." 

Mainkan beberapa ciri Joker waktu penampilan legendaris Heath Ledger di The Dark Knight, terdengar seperti tentang yang mustahil. Tapi Joaquin Phoenix satu diantara aktor begitu menarik di waktu kita. 

Ia sering mainkan fungsi intens yang menyerempet sinting, sampai dengan teori sudah ngeklik dengan ciri-ciri Joker. Disaksikan dari trailer, Phoenix relatif sukses mengakhiri ciri-ciri dan mood yang cocok untuk seorang Joker. Ia bahkan cukup mempunyai prinsip dengan peranannya sampai ikhlas turunkan berat badan sampai terlihat demikian ceking. 

Ikut bermain Robert De Niro, Frances Conroy, dan Zazie Beetz. Sutradaranya sendiri adalah Todd Phillips yang lebih kita kenal jadi orang yang membuat trilogi The Hangover. Tapi ini bukan pertama kalinya ia kerjakan film yang serius, karena pada awalnya sudah ada War Dogs.